Silabus, RPP dan Tugas

Menurut PP 32 Tahun 2013 yang merupakan perbaikan PP 19 Tahun 2005 silabus merupakan rencana pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum yang isinya minimal terdiri dari kompetensi inti, kompetensi dasar; materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Selanjutnya peraturan juga menentukan isi silabus secara lebih rinci, terdiri dari identitas mata kuliah: nama, kode, bobot-sks, mata kuliah prasyarat, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) paling sedikit memuat identitas mata kuliah: nama, kode, bobot-sks, standar kompetensi; kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran; materi pembelajaran, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar; sumber belajar, dan media atau sarana pendukung pembelajaran.

Bagi yang membutuhkan balngko atau contoh silabus, RPP dan tugas yang sudah terisi, silahkan download salah satu diantara file di bawah ini :

  1. Blangko Silabus dan RPP
  2. Blangko dan Contoh Tugas
  3. Contoh Silabus dan RPP

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply