Persiapan dosen dalam pembelajaran online (elearning)

hybrid learning universitas esa unggul

 

Persiapan yang perlu dilakukan dosen dalam pembelajaran online

 

Sebelum menyampaikan materi pembelajaran, setiap dosen hendaknya melakukan persiapan-persiapan sebagai berikut :

  1. Membuat Satuan Acara Pembelajaran (SAP) sesuai dengan silabus yang diberikan oleh Ketua Program Studi (Ka Prodi)
  2. Mengisi blanko kontrak pembelajaran yang tersedia di website hybrid learning sesuai dengan SAP atau memperbaikinya bila ada perubahan. Pada saat mengisi blanko kontrak pembelajaran hendaknya tidak melakukan copy and paste karena file akan rusak.
  3. Membuat materi pembelajaran (bagi yang belum ada materinya) atau memperbaruinya (bila materinya sudah ada dan akan diperbarui) dalam bentuk makalah, modul pembelajaran, tulisan langsung di website hybrid learning atau tulisan di weblog.
  4. Dosen membuat materi pembelajaran online berbentuk full text dan diajurkan berbentuk modul pembelajaran atau materi lain yang bersifat self contained, self instruction atau self study dan tidak dibenarkan menyajikan materi dalam bentuk pointers. Materi dalam bentuk pointers dinilai tidak layak dan dianggap belum memberikan materi yang dibutuhkan mahasiswa.
  5. Materi pembelajaran dapat berbentuk file doc, pdf, ppt, audio, video, tulisan langsung atau text di website hybrid learning dan/atau tulisan di weblog
  6. Setiap mata kuliah minimal memiliki materi pembelajaran sebanyak 5 atau 6 topik atau sesuai dengan banyaknya aktivitas online dan di-upload di website hybrid learning dan/atau di tulis dalam weblog dosen kemudian di link ke web hybrid learning.
  7. Materi pembelajaran hendaknya selalu dimutakhirkan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi dengan sumber yang berasal dari referensi utama dan beberapa referensi tambahan, termasuk link ke alamat websites
  8. Dosen  membuat materi diskusi offline (forum) atau diskusi online (chating)  di website hybrid learning atau webblog. Untuk dosen yang menyajikan materi pembelajaran online di weblog secara otomatis sudah tersedia fasiltas diskusi ini.
  9. Dosen membuat materi evaluasi hybrid learning dalam bentuk latihan soal (kuis) dan/atau tugas sesuai format yang tersedia. Materi evaluasi sebaiknya tidak dimuat di weblog yang sifatnya sangat terbuka, kecuali weblog tersebut diberi password. Materi evaluasi dibuat menggunakan format yang disediakan di folder yang tersedia.

 

 

 

Leave a Reply