Pelaksanaan kuliah online (elearning)

hybrid learning universitas esa unggul

 

Pelaksanaan kuliah online

 

Pelaksanaan atau aktivitas kuliah online dimulai dengan kegiatan mahasiswa dalam mempelajari materi belajar online selama 1 – 2 hari. Pada pembelajaran online pola 1 aktivitas tersebut dimulai sehari setelah tatap muka ke-4, ke-6, ke-8, ke-10, ke12 dan tatap muka ke-14.

Untuk kuliah online pola 2, aktivitas tersebut dimulai pada tatap muka ke-5, ke-7, ke-9, ke-11, dan tatap muka ke-13. Pada tenggang waktu ini, bila diperlukan dosen dapat memberikan materi pengayaan atau memutakhirkan materi online yang sudah ada.

Setelah mempelajari materi belajar online yang diberikan dosen, kegiatan selanjutnya adalah diskusi yang dilaksanakan secara asinkron (forum) atau sinkron (chatting) selama 2 Р4 hari. Mahasiswa akan mendapatkan umpan balik atas pertanyaannya dalam forum atau chatting, baik dari dosen atau sesama mahasiswa. Diskusi diselenggarakan di website hybrid learning dan/atau di weblog  Umpan balik tersebut diperlukan agar menjamin mahasiswa menguasai materi belajar online yang diberikan.

Selanjutnya, mahasiswa mengerjakan tugas online atau latihan soal yang diberikan dosen dalam waktu 3 – 6 hari. Dalam kegiatan ini dosen dapat memberikan umpan balik terhadap tugas online dan/atau latihan soal yang dibuat oleh mahasiswa yang menyelesaikan tugas online/atau latihan soal di website hybrid learning

Dosen menggunakan aktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas online  dan/atau menyelesaikan latihan soal sebagai bukti kehadiran. Hasil karya mahasiswa dalam menyelesaikan tugas online dan/atau latihan soal juga digunakan sebagai komponen penilaian tugas.

Dalam pelaksanaan kuliah online, mahasiswa mendapatkan bantuan dari Departemen Dukungan Pembelajaran (DDP), Departemen Pengendali Perkuliahan dan Ujian (DPPU) dan Departemen Perencanaan Infrastruktur dan Sarana Teknologi Informasi (DPISTI)

 

Aktivitas

Pelaksana

DDP

DPPU

Ka Prodi

Dosen

Mhs

Mempelajari materi belajar OL yang dibuat oleh dosen (1 s/d 2 hari) ***
Mengubah atau mengupdate materi pengayaan (bila perlu) ***

***

Bertanya jawab melalui forum atau chatting (2 s/d 3 hari)

***

***

Menyelesaikan tugas OL atau latihan soal (1 s/d 2 hari) ***
Menilai dan memberi umpan balik tugas OL atau latihan soal

***

Memonitor materi belajar OL, materi diskusi dan materi evaluasi ***

***

***

 

Leave a Reply