Cara mempersiapkan tugas online dan latihan soal

hybrid learning universitas esa unggul

 

Cara mempersiapkan tugas online dan latihan soal

 

Materi evaluasi dapat disajikan dalam beebrapa cara, yakni : Tugas online yang menjawabnya mempergunakan beberapa file, tugas online yang menjawabnya dengan file tunggal dan tugas online yang menjawabnya di weblog kemudian link ke website hybrid learning serta latihan soal yang dibuat langsung di website hybrid learning.

Tugas online yang menjawabnya dengan beberapa file dimaksudkan agar mahasiswa dapat memberikan jawaban menggunakan lebih dari satu file karena ada kemungkinan ukuran file-nya terlalu besar atau jenis filenya berbeda-beda (misalnya file pdf dan mp3). Tugas bentuk ini juga memungkinkan mahasiswa dapat merevisi jawaban yang telah diupload dengan menghapus file jawaban yang telah dikirim dan mengupload file jawaban penggantinya, sepanjang file jawaban tersebut belum di-submit atau belum dinilai oleh dosen.

Tugas online yang menjawabnya dengan file tunggal hanya memberi kesempatan mahasiswa untuk mengirimkan file sekali saja dan tidak dapat dihapus ataupun diganti lagi oleh mahasiswa.

Tugas yang menjawabnya dengan link blog atau tugas yang menjawabnya di weblog kemudian link ke website hybrid learning dimaksudkan agar menumbuhkan kebiasaan menulis dan mempublikasikan pemikirannya ke masyarakat, disamping untuk meningkatkan webometrics Universitas Esa Unggul.

Latihan soal dibuat sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam penyusunan evaluasi dalam bentuk tes. Latihan dibuat di website hybrid learning dan dapat dijadikan sebagai nilai formative test.

 

Cara membuat materi evaluasi  (tugas online atau latihan soal) di website hybrid learning  :

  1. Klik nama mata kuliah terdaftar yang berada di halaman depan web hybrid learning
  2. Klik icon ‘Hidupkan mode ubah’ (Turn editing on) di halaman sebelah kanan bagian atas
  3. Klik ’Forum dan Tugas’ (Add an activity)
  4. Klik ‘Menjawab dengan beberapa file’  untuk tugas yang menjawabnya dengan mengupload atau klik  ’Menjawab dengan link blog / latihan soal’ untuk tugas yang menjawabnya dengan memberikan link weblog mahasiswa ke website hybrid learning atau menjawab latihan soal langsung di website hybrid learning atau klik ‘Menjawab dengan file tunggal’ bila hanya membutuhkan jawaban file singkat.
  5. Isi kolom ‘Nama tugas’ (Assignment name) dengan topik tugas online, misalnya Tugas Online 1.
  6. Tulis isi ’Uraian tugas’ (Description) dengan item-item soal ujian atau copy paste file tugas online
  7. Klik ’Waktu awal pengerjaan’ (Available from) dengan memilih tanggal, bulan, tahun dan jam yang tersedia untuk mengatur mulainya tugas diberikan
  8. Klik ’Waktu akhir penyelesaian’ (Due date) sebagai batas waktu terakhir pengumpulan tugas dengan memilih tanggal, bulan, tahun dan jam yang tersedia
  9. Klik  ‘Simpan dan kembali ke kelas’ (Save and return the course)

Leave a Reply